Nakertrans Malut Gelar Pelatihan Barista Coffee

Editor: Redaksi
Kepala Dinas Ketenagakerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara, Marwan Polisiri saat mendampingi Barista, Alfandi Faruk melakukan pelatihan penyeduhan kopi

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara menggelar pelatihan berbasis wirausaha bagi tenaga kerja mandiri Barista Coffee.

Acara tersebut berpusat di kedai kopi J12, pada Sabtu, 7 September 2024 sekira pukul 10.00 WIT. dengan menghadirkan peserta dari sejumlah pemilik kedai kopi yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

Barista dan pemilik J12 Coffee, Alfandi Faruk menyampaikan sejarah singkat kopi, jenis-jenis kopi serta ilmu-ilmu dasar penyajian kopi. Bahkan sampai cara pemasaran.

"Semua dibahas sampai detail. Mulai dari pengenalan alat, metode penyajian seperti vietnam drip, v60, latte hingga kopi kekinian," urai  Alfandi saat ditemui media ini.

Sementara Kadis Dinakertrans, Marwan Polisiri menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya mengembangkan skil melalui program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja.

"Kami melatih skil kerja bukan diperuntukan ke perusahan saja, namun juga mengembangkan sikll kerja bagi anak muda yang bergeluti di dunia usaha, seperti yang saat ini kita buat" ujar Marwan.

Lebih lanjut, Marwan menjelaskan bahwa pihaknya akan selalu melakukan inovasi, agar para pekerja memiliki skill dan kemampuan yang tidak kalah saing dengan tenaga kerja dari luar. "Hal serupa juga pernah kami lakukan di Sofifi, seperti pengembangan usaha ikan dan produk pertanian."

Ditanya soal modal usaha,  Marwan bilang, Dinakertrans Privinsi Maluku Utara akan fokus kepada wirausha yang serius dan punya komitmen.

"mereka ini akan dengan sendirinya mendapat seleksi alam, tidak semua yang ikut pelatihan ini fokus terhadap pengembangan kopi, Seperti Al (Alfandi Faruk), akan jadi fokus untuk kami dampingi" Tutupnya

Share:
Komentar

Terbaru